Monday 7 November 2016

Lebah pun Mengkonsumsi Kafein


Dari hasil penelitian para ahli, ternyata beberapa tanaman memiliki trik atau cara khusus untuk memastikan bahwa bunga-bunga mereka akan menjadi tujuan utama para lebah yang mengumpulkan madu. 
Trik yang dimaksud adalah : menghadiahi lebah dengan nektar berkafein. 
Mengapa bunga-bunga itu menghadiahi kafein kepada lebah? 
Tanaman itu perlu bantuan lebah madu untuk penyerbukan. Semakin sering lebah itu singgah, semakin meningkat keberhasilan reproduksi tanaman tersebut.

Setelah seharian berdengung dari satu bunga ke bunga lain, seekor lebah pekerja yang rajin pun ternyata perlu sedikit bantuan untuk mengingat tempat-tempat mana saja yang ingin dia datangi kembali di hari berikutnya. 


Nah, saat ini penelitian terus berlanjut.

Tim peneliti menyemprot lebah-lebah madu dengan aroma bunga dicampur gula. Beberapa di antaran berisi  kafein yang biasa ditemukan dalam nektar bunga kopi dan bunga sitrus (lihat gambar). 

Setelah 24 jam, memori lebah-lebah itu masih lebih kuat 3 x akibat aroma kafein dibandingkan dengan aroma gula saja. 
Ketika para peneliti menerapkan stimulasi langsung ke otak lebah madu, (tentang  tata cara detailnya tidak diceritakan), ada efek positif yang terkait dengan memori dalam rentang waktu yang panjang. 

Perilaku seperti itu bisa menjelaskan  proses sistem saraf terkait kecanduan. 

Seperti kawan-kawan saya yang kecanduan watsapgrup,mungkin bisa diteliti rangsangan di neuron mana yang menyebabkan 'whatsapgroup-addiction'. 
😬😬😬😬😬
=================================================== 
Kamus: 
Nektar = Sari Bunga 
Neuron= Sel saraf 

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment